Gas, lantas rem saja! Ah, ternyata dua jurus berkendara itu sudah terbukti ampuh, memanja kita, memacu motor matic kesayangan, buat kemana-mana.
Dan rasanya, matic sebagai teknologi teranyar kendaraan bermotor, sudah menyematkan sistem automatic-nya, dimana kita tidak perlu susah-susah melakukan perpindahan gigi persenelingnya kan?
Pasti ada hal menarik yang tertanam di ingatan kita, selama menjadi pengendara matic sejati, coba ingat-ingat, apa saja itu?
Satu pengalaman –mungkin— kala kita mengalami mogok di perjalanan, kemudian kita tak berdaya, hanya mendorongnya perlahan, tak tahu melakukan hal apa pun memperbaikinya?
Atau matic kesayangan malah berhasil tampil gagah-berani menerjang banjir, di kala musim hujan? Meski setelahnya, terdapat permasalahan pada mesinnya kan?
Nah merasapi berbagai permasalahan matic, semestinya membuat kita paham, jika suka-duka ber-matic ria, akan selalu berbanding lurus dengan perlakuan terbaik kita merawat mesin matic.
Dan hal terpenting lainnya, yang luput menjadi perhatian, adalah bagaimana usaha keras kita, memanja bagian Piston motor matic, agar tetap lincah bergerak maju-mundur, memacu tenaga motor matic secara maksimal.
Dan rasanya setelah kita menyebut istilah teknis piston, seketika bisa mengingatkan diri kita sebagai pengguna matic sejati.
Pertanyaannya, apakah kita sudah mengganti oli matic terbaik untuk motor matic kesayangan secara berkala? Yes, mengganti oli matic terbaik, dengan menggunakan oli X-TEN saja.
Dan pertanyaan selanjutnya lantas, mengapa harus X-TEN? Dan hubungannya dengan piston apa?
Nah, penasaran? Mari kita unboxing sajalah rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia itu, dengan lekas menggunakan Oli X-TEN. Mari!
Oli matic terbaik memastikan piston bergerak lincah tahan lama
Kenal bagian piston yang tersemat pada mesin matic kamu?
Nah jika diperhatikan dari bentuk serta lokasinya berada, Piston merupakan elemen penting motor yang tertanam dalam silinder berongga, pada suatu lubang sebagai tempat pin. Fungsinya untuk mengubah panas dan tekanan hasil pembakaran energi, menjadi langkah kerja mekanis, yang akan memutarkan poros engkol (crank shaft).
Artinya, besar kecilnya tenaga yang dihasilkan Matic kita, akan bergantung pada efektifitas Piston dalam bekerja maksimal.
Jika Piston tidak bekerja maksimal/rusak pastilah jua menularkan kerusakan bagian lainnya, seperti engine blok, batang piston, poros engkol, katup hinggal membuat bagian torok pecah. Gawat kan?
Jika merenung sejenak, hal remeh-temeh yang kita sering abaikan, adalah kita jarang melakukan pergantian oli matic terbaik secara berkala kan?
Atau sudah melakukannya sih, namun menggunakan oli yang katanya oli matic terbaik, namun oli matic berkualitas rendah?
Nah, kedua hal tadi, yakni jarang mengganti oli matic, serta menggunakan oli matic berkualitas rendah, akan menjadi kesalahan umum, yang kita sering praktikan?
Terlebih kesalahan yang kedua sering luput terjadi, karena tergiur oleh harga oli matic yang murah saja? Salah kah?
Namun, untuk menghindari kesalahan itu, mulai sekarang kita harus mulai mencari brand oli matic ternama dong, yang sudah terbukti hasilnya.
Salah satunya adalah oli X-TEN tahan lama, yang mudah menularkan banyak keuntungan bagi matic.
Terutama dari sisi efisiensi kinerjanya, dalam hal mencegah kerusakan mesin yang berpotensi merogoh biaya perbaikan yang tidak sedikit
Mengenal Oli matic terbaik itu mudah kok, Yuk!
Nah, ketika berkunjung ke bengkel, atau toko spare-part motor, kita pastilah mudah menjumpai berbagai brand oli matic terbaik dengan varian harganya kan?
Jika jeli, kita akan menemukan speks oli di badan botol olinya itu, dan gamblang menerangkan lengkap tentang apa dan bagimana jenis oli-nya tadi.
Nah, speks inilah yang biasanya akan menentukan harga oli matic terbaik yang kita maksudkan. Apa saja sih jenis oli motor matic terbaik itu ya?
1. Jenis Oli Ester
Jenis oli ester adalah jenis oli yang dibuat dengan campuran semi sintetik atau full sintetik, lantas mengkombinasikannya dengan bahan ester sebagai zat aditifnya.
Brand oli matic terbaik biasanya menggunakan jenis oli ester ini, yang bermaksud mengupgrade performa kendaraan yang lebih baik.
Harga jenis oli ester pun memang relatif lebih mahal sih. Dan presentase kandungan esternya biasanya tidak lebih dari 20% saja, namun dominasinya biasanya hanya berkisar 5% saja.
2. Jenis Oli Mineral
Jenis oli Mineral merupakan jenis oli yang dihasilkan dari penyulingan fraksional minyak bumi.
Biasanya jenis oli ini terdapat zat aditif yang pasti bukan ester, dan jenis aditifnya itu berbeda-beda sesuai pabrikannya.
3. Jenis Oli Sintetik
Lantas, oli sentetik memiliki bahan baku dari proses-proses kimia, dan tanpa menggunakan minyak bumi sebagai bahan dasarnya. Dan itu yang membuat struktur molekulnya akan lebih stabil.
Lantas, bagaimana membuktikan jenis oli matic terbaik itu?
Nah, membandingkan jenis oli matic terbaik, yang kita butuhkan sesuai kondisi mesin dan jua isi kantong, bisa terkesan rumit ya?
Karena kita harus memiliki pengalaman merasakan keunggulan dan kekurangn dari jenis oli matic terbaik tadi. Namun apakah kita mesti mencoba semua jensi oli matic tadi? Bisa saja!
Namun berkaca pada test yang sudah dilakukan OTOMOTIFyang pernah membandingkan ketiga jenis oli berstandar JASO MA. Dan bisa saja memberikan rekomendasi jensi oli terbaik itu. Sebagai rekomendasi oli motor matic terbaik di indonesia.
Pengetesan menggunakan motor Suzuki GSX-R150 2017, adometernya 12200 km, dan mengujinya di area Dynamometer milik workshop Farm Tuning, di Jakarta selatan.
Hasilnya, ketiga jenis oli tadi rata-rata memang mampu bekerja maksimal pada mesin motor sih.
Namun, yang membedakannya adalah faktor suhu, dimana diantara ketiganya, oli sintetik dan oli ester mencatatkan suhu yang stabil, dan rendah, dan bedanya 7 derajat-an celcius, dibandingkan menggunakan jenis oli mineral.
Artinya, pengetesan ini menjadikan referensi nyata. Jika jenis oli ester, bisa menjadi pilihan sebagai oli motor matic kita, dalam memanja pergerakan piston secara maksimal, dan menghantarkan torsi tenaga matic secara maksimal.
Yuk pakai Oli X-TEN, membuktikan kandungan esternya itu nyata!
Mengapa harus X-TEN? Nah sampai sini, menjawab pertanyaan yang terselip di awal tulisan, akan menjadi lebih mudah kan?
Dimana Oli-XTEN adalah jenis oli matic terbaik yang pasti mengandung kandungan ester. Dan keterangan tentang hal itu terpampang jelas, di bagian depan botolnya. Coba lihat saja!
Nah, kebetulan oli matic terbaik X-TEN, sudah lama saya gunakan untuk matic saya.
Dan catatan petingnya yang menjadi perhatian adalah, pastikan keasliannya! Dimana oli matic X-TEN hanya merupakan produk distribusi PT Surganya Motor Indonesia, bukan yang lain.
Lantas, bagaimana pengalaman menggunakan oli matic terbaik X-TEN itu? Tidak ada cerita yang lebih menarik selain ikut langsung unboxing oli X-TEN maticnya saja.
Nah, jenis rekomendasi oli matic terbaik X-TEN yang saya gunakan adalah jenis XT-30 Matic, sesuai spek motor matic saya.
Mengenal oli X-TEN dulu ya!
Pertama, mari perhatikan botol oli X-TEN dahulu ya! Kita akan sangat mudah membedakannya dengan oli matic brand lainnya. Botolnya berwarna hitam gelap, dengan Branding tulisan X-TEN ester synthetic oil, jelas terbaca!
Di penampakan botolnya juga terdapat keterangan jika oli matic ini sudah berstandar JASO MB, yang berarti jenis olinya layak untuk motor matic.
Lantas adapula keterangan mengena speks SAE 10W 30, berarti oli ini adalah oli multigrade yang kekentalannya berubah, jika kondisi dingin akan bersifat SAE 10W yang encer. Jika dalam kondisi panas akan bersifat SAE 30 atau menjadi kental.
Nah satu lagi, tulisan yang penting dan jelas terbaca, jika oli X-TEN tahan lama, dengan redaksi 2x lebih lama dari oli biasa. Masa sih? Yuk buktikan saja!
Oli X-TEN tahan lama melindungi mesin
Jika kita pengguna motor matic, yang kebetulan memiliki waktu luang mengganti oli motor maticnya di rumah saja. Kita bisa mudah menyaksikan sendiri, bagaimana wujud dan kekentalan oli X-TEN ini, ketika menuangkannya perlahan, ke dalam mesin motor matic.
Lihat saja, warna oli matic X-TEN terlihat bening keemasan, dan rasanya akan mudah menyibak misteri, mengapa piston mampu bergerak lincah, tanpa hambatan suhu tinggi di ruang pembakarannya, ketika berlumur oli X-TEN.
Sebagai informasi saja, dalam durasi berkendaraan harian, saya biasanya menghabiskan waktu 3-4 jam-an di jalan raya, untuk jarak yang bervariasi, dan juga segala kondisi, seperti macet bahkan jalan lengang.
Dan untuk pergantian oli matic biasanya, saya mematok parameter yang mudah, yakni hadirnya konsumsi bensin yang boros, dan sedikit bandel, kala dinyalakan pertama kalinya di pagi hari.
Artinya, ketika menemukan indikasi itu, saya akan lekas mengganti oli maticnya, yang mencatat tren 1 bulan sekali, atau dengan jarak tempuh 1500-2000 KM. Tapi itu kebiasaan menggnati oli matic dulu sekali!
Namun setelah menggunakan oli X-TEN, walhasil membuat pergantian oli matic berjeda dua bulan sekali, dengan parameter konsumsi bahan bakar, serta halus mesinnya masih berjalan normal, dan jarak tempuh hampir mencapai 4000-5000 KM Mengapa?
1. Rahasianya terdapat kandungan aditif ester dalam X-TEN
Tentu saja hadirnya kadungan ester tadi, yang membuat segalanya mudah dan berbeda, seperti tarikan entengnya tahan lama, olinya tahan lama dan melindungi mesin tahan lama pula.
Dengan kenyataan itu, tentu saja memantapkan keyakinan, jika semuanya akan mudah berdampak pada panjangnya usia pakai komponen mesin, termasuk bagian piston menjadi lebih lama bekerja optimal.
2. Kandungan ester dalam oli X-TEN, terbukti membersihkan mesin
Dan yang terpenting, X-TEN mampu membersihkan mesin, oleh sisa karbon pembakaran yang berpotensi menepel pada mesin. Semua itu, masih karena oli X-TEN dengan kandungan esternya itu yang berhasil mempertahankan suhu menjadi stabil, yang membuat mesin lebih tahan panas, dan enteng.
Rahasia, Rekomendasi Oli Motor Matic Terbaik di Indonesia oli X-TEN hanya tersedia di Planet Ban
Di ruang bakar, proses yang harus kita pahami, oli matic akan bercampur dengan kerak sisi pembakaran dalam mesin yang berpotensi berpengaruh pada suhu mesin.
Oleh karena itu, fisik dan kemampuan oli dalam melumasi juga akan berubah. Inilah yang menyebabkan beberapa kasus tarikan motor menjadi berat, suhu panas, dan diperluan pergantian oli matic terbaik di luar periode rutinnya.
Nah, mencerna proses itu, kita akan semakin paham lagi jika peruntukan oli matic, sangat bermanfaat melindungi mesin, mendukung performa mesin serta menghindari kerusakan mesin, pasti menjadikan kita memilih oli matic motor terbaik saja kan? Iya Oli X-TEN tahan lama.
Namun, seketika mendengar oli matic berjenis ester, bayangan kita wajar menganggap jika oli motor matic itu berharga selangit?
Lihat saja, dalam tren harga oli matic jenis ester, malah mencapai harga Rp100 ribu lebih. Dan oli matic yang paling murah-meriah adalah oli matic berjenis mineral yang berharga Rp35ribuan.
Hal itu seakan menjadi misteri saja untuk disibak, bukan?
Terlebih menemukan dan merasakan manfaat oli X-TEN tahan lama yang hanya merogoh kantong mulai dari Rp45 ribuan saja, dengan ukuran 800 ML –domisili Samarinda- bagi motor matic kita.
Nah keterjangkauan oli X-TEN pastilah sudah memanja pengendara matic, akan banyak memanen manfaat untuk matic kesayangan.
Planet Ban adalah kunci?
Jika ditelusuri ternyata, rahasia keterjangkauannya itu adalah produk oli matic X-TEN berhasil memangkas jalur distribusinya hingga sampai ke tangan kita, iya pengguna matic.
Dimana biasanya produk oli matic, harus melewati 5 rantai distribusi, dari pabrik, distributor, grosir, semi grosir, bengkel dan akhirnya ke konsumen.
Oleh sebab itu, X-TEN menunjuk partner khusus untuk menditribusikan oli matic X-TEN ini, yakni melalui merchant Planet Ban yang banyak menjamur di kota-kota besar di Indonesia.
Artinya, ya kita hanya bisa mendapatkan rekomendasi oli motor matic terbaik di Indonesia itu, yakni oli X-TEN hanya di Planet ban saja!
Singkatnya, jalur ditribusi oli X-TEN menggunakan konsep X-TEN direct to Costumer, dimana alur ditribusi berjalan pada 3 rantai, pabrikan, planet ban dan akhirnya pelanggan oli matic X-TEN.
Catatan penting lainnya, selain konsep ditribusinya mampu menekan harga, yang membuat keterjangkauan oli motor matic terbaik X-TEN. Konsep itu mampu meyakinkan kita mengena keaslian oli matic terbaik, X-TEN.
Matic juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati. Nyayian itu bisa saja membangunkan kita dari mimpi, jika memang tidak ada yang abadi di dunia ini kok. Termasuk laju Matic kamu, yang tergantung dari komponen CVT Matic!
Meski terlihat kekar nan gagah secara postur, varian Matic modern dengan segala kelebihannya serta kemudahannya, pasti menyelipkan banyak kelemahan pada komponen yang terus bisa tergerus oleh waktu. Semuanya bisa kita rasakan ketika Matic kita menginjak usia lima tahun.
Apalagi, sehari-hari si Matic kita, menjalani tugas berat, mengantar-ngatar yayang-lah pulang pergi sekolah atau kantor. Dan malah juga diajak kerja sampingan ngojol, anter paket yang berat-berat, jauh lagi.
Nah adalah penting untuk memperhatikan beberapa komponen, termasuk mau tidak ya, mengganti komponen aus tadi biar Matic kita tetap joss Kembali.
Hal yang terkecil di kala usia Matic menua, yang sering kita lupakan adalah, asupan gizi pelumas, yang harus mulai sering dimanja untuk diganti sesering mungkin deh. Terus kondisi minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator-nya.
Komponen diatas, saya yakin bisa saja terlewatkan di tengah alasan kesibukan harian kita, meski ada juga yang menjawab jujur anuu belum bisa menggantinya karena masih bokek jalanin ajalah dulu. Iya-iya urusan kantong memang terasa lebih pahit untuk membuat Matic kita selalu baik-baik saja.
Nah buat yang berkantong tebal ya bisa saja tidak perlu menggati semua komponen ecek-ecek tadi, repot ah. Ya mungkin ada rencana kredit motor baru lagi biar tetap keren, atau ya bayar cash deh buat beli baru? Aamin-lah! Ini solusi banget deh bro!
Usia lima tahun, Perhatikan ini CVT Matic gaes!
Jika dibayangin, apa saja sih gak enaknya berkendara Matic tuah itu? Ya Matic yang berusia lima tahun keatas gitu deh! Padahal, kalau anak anak-anak usia segitu kan biasanya manjah, selalu minta diperhatikan. Hiks bisa jadi sama, selalu saja minta didorong alias biasa sering mogok.
Nah matic dengan catatan jarak tempuh 30 ribu Kilometer bisa menjadi acuan kita untuk jua mengganti aki motor juga. Karena gak lucukan Matic tanpa starter tangan, masa iya digenjot jika aki tetiba mati? Palagi lagi bonceng yayang! Maluk!
Wah jika aktivitas genjot-menggenjot dianggap sembari olahraga, yaitu pilihanlah! Namun gegara aki, penyakit Matic bisalah menjalar kemana-mana, terutama system kelistrikan dan ujungnya bisa membuat lampu motor bisa putus-padam.
Adalagi komponen yang mulai melemah seperti piston kit, V-belt, valve kit, rantai mesin, seal-seal gasket. Puncaknya yang pasti kita harus perhatikan, ya bagian CVT akan menjadi vital untuk diperhatikan. CVT Matic berisi kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang.
Lalu ada juga saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar bisa menyemburkan bahan bakar tadi ke injector. Ini juga komponen yang wajib diganti gaes!
Roller?
Nah dua komponen yang terasa sekali Lelah, di kala usia senja Matic kita menua adalah Roller. CVT sendiri adalah continuously variable transmission, dan didalamnya tersemat roller. Hubungan keduanya sangat erat gaes!
Roller akan berfungsi membantu dan mengatur putaran mesin rendah ke tinggi. Membayangkan kinerjanya, bisa saja kita melihat roller akan mendorong pulli dan puli akan mengembang dan membuat belt merenggang
Bentuk Roller akan mempengaruhi kinerja rumah roller, bentuknya harus bulat, supaya bergerak sempurna. Namun ada jua kita jumpai berbentuk bundar untuk motor racing. Berat roller juga harus pas, tidak ringan tidak jua berat.
Jika terlalu ringan akan membuat akselarasi bagus, namun top-speednya kurang. Sebaliknya jika Roller berat top speednya bagus namun akselerasi bisa malah kurang.
Matic Tua jual aja?
Pertanyaan itu mudah kali dipatahkan sih? Jawabannya emang matic tua kita laku dijual? Berapa?
Hiks, ya tentu saja semua yang ada di bumi akan bersifat tidak kekal kan termasuk Matic kerenmu itu! So mulai sekarang, kita bisa mencoba menabung untuk merinci biaya perawatan CVT Matic kita biar kita bisa jalan kemana-mana saja terus kan?
Kapook koe! Umpatan itu bisa saja kita dengar, jika saja motor matic kesayangan kita bisa ngomong. Wajar saja, kita sih terkadang kurang mengerti perawatan busi motor.
Ya apa sih susahnya, berkendara matic? Digas terus direm, gitu aja terus kan? Namun ada saja waktu, dimana matic kita mogok dalam kondisi normal, tidak kebanjiran tidak kepanasan.
Distarter tangan hingga kaki tetap saja mesinnya tidak bergeming. Padahal bisa saja businya mati! Eh itu mungkin terjadi, cek aja coba businya, pasti berwarna gosong!
Terlebih buat kita yang rajin hanya make saja, dan tidak pernah merawat dan salah -lagi- mengganti busi motor kita secara mandiri. Ayok ngaku!
Kita pastilah mikir keras, ketika motor mogok kan? Bahkan soal hal dasar sekalipun yakni bagaimana cara mengganti busi motor matic, karena ya motor matic harus membuka kap ini dan itu, dan membuka banyak mur dan kunci. Akhirnya nyerah, dorong deh ke bengkel.
Kisah busi motor
Busi motor sebenarnya komponen penting juga lho buat siklus pembakaran mesin pada kendaraan bensin. Terkadang sesampai di bengkel, kita sembrono mengganti busi dengan sembarang tipe yang sudah distandarkan.
Padahal setiap pabrikan motor Sudah punya standar busi yang harus digunakan. Sehingga harusnya, hal tadi diperhatikan ketika mengganti busi dengan merk beda di bengkel.
Jika pun harus menggunakan merk beda, panjang pendek ulir busi harus jua sama dengan yang standar pabrikannya.
Dan biasanya ada saja yang terlihat sama namun lagi-lagi spesifikasinya bisa saja berbeda dan membuat penurunan kinerja mesin motor, dan akhirnya menyebabkan mogok tanpa sebab.
Busi motor sejak lahir bertugas dalam proses pemercikan api ke ruang mesin motor, lalu terjadilah pembakaran bensin yang menggerakkan piston.
Nah jika ulir busi ternyata pendek, akan terjadi penumpukan karbon. Jika ulirnya Panjang , busi akan cepat panas dan rawan berbenturan dengan piston.
Nah jangan lupa ketika di bengkel hendak menggantinya, liat-liat tipe busi yang akan diganti, dengan memperhatikan tipe busi standartnya, biar speknya sama dan kinerjanya optimal dan tidak menimbulkan masalah busi motor cepat mati.
Dan paling tidak, pemakaian setahun busi motor yang hanya di sekitaran rumah ke pasar ke sekolah, minimal busi memang harus diganti deh, biar aman di jalan. Jadi gampangkan perwatan busi motornya?
Merawat busi motor?
Teknisnya sih busi di motor bertugas merubah tegangan listrik yang disalurkan koil menjadi percikan api, terus membakar campuran dari bensin dan udara di ruang mesin yang dikompresi, dan seterusnya menggerakkan mesin motor kita.
Busi yang tidak terawat akan berkerak, karena kotoran yang nempel pada elektroda busi.
Eh namun, busi motor ternyata bisa membersihkan kerak kotoran yang disebut dengan self cleaning lho! Syaratnya tentu ada, si busi harus berada dalam temperature yang optimal.
Dalam artian kita bisa membawa motor kita dengan memacu kendaraan di jalan dengan kecepatan 60km sampai dengan 80 km/jam dalam beberapa waktu, bukan digas keras-keras dalam keadaan normal.
Jika kurang dari itu kecepatan itu, dan hanya berjalan nyantai 40km/jam dan selalu stop and go kerana lampu lalu lintas cukup sering, tentu saja proses cleaning itu tidak tercapai, ya karena suhu yang kurang optimal.
Perhatikan perawatan busi motormu ya!
Ah tersadarkan dibalik kemudahan berkendara matic, tentunya ada saja kerumitan dan kompensasi biaya perawatan yang harus diperhatikan dan dipersiapkan. Itu baru satu komponene, belum yang lain.
Paling tidak, sudah mengerti perawatan busi motor, bisa menjadikan jurus baru kita untuk tetap siaga kalau-kalau motor matic kesayangan kita moghok di jalan kan kasian!
Terlebih, pas ada awewe yang motornya mogok, bisa jadi modus buat kenalan. Jika sudah paham dikit jadi mekanik dadakan, tinggal disentil aja businya deh, bersihin kalau bandel ganti. Jika sukses wah bisa jadi jodoh kan! Hiks
Melantunkan lirik lagu Kesempurnaan Cinta milik Rizky Febian, rasanya asik juga ya buat menghibur diri selama di rumah saja. Sembari juga terus bertanya-tanya, kapan dong Pandemi Covid-19 ini berakhir? Dan jua bertanya soal kemudahan layanan service Mitsubishi di masa Pandemi ini, yang utamanya bisa menjadi Referensi penting sebagai konsumen setia Mitsubishi kan?
Berdua, bersamamu, mengajarkanku apa artinya kenyamanan, kesempurnaan cintaa
Iya wajarlah terlontar pertanyaan seperti itu, karena manusia sebagai mahluk mobile, akan banyak berharap dari aktivitasnya yang selalu -harus- bisa kemana-mana dengan ragam tujuankan?
Ya sepelelah, ingin sekali rasanya berwisata salah satunya. Atau bahkan jalan-jalannya untuk menopang usaha, yang telah lama vakum selama Pandemi ini,
Nah hal tadi lantas bisa saja kita ambil simpulan jika kendaraan roda empat yakni Mobil, sudah menjadi kebutuhan dalam mewujudkan semua keinginan kita tadi, iya gak? Terlebih memiliki kendaraan dengan Brand Mistubishi dengan segudang manfaatnya, mengapa?
Sederhananya sih dengan menggunakan produk kendaraan Mitsubishi kita bisa mengajak semua orang kesayangan kita untuk bisa ikutan kemana-mana juga.
Dan terpenting kita bisa terus nyaman selama perjalanan, terlebih merasa nyaman menggunakannya, minimal tidak kehujanan, terus tidak kepanasan deh!
Tapi ya gitu, dibalik kenyamanan berkendaraan, ada kompensasi yang jua kita harus pikirkan ketika memiliki unit mobil. Yakni resiko atas operasional kendaraan itu.
Nah hal ini tentu akan banyak berbicara pada ongkos kendaraan beserta kemudahan layanan service Mitsubishi, di luar tanggungan pajak kendaraan yang wajib juga dibayarkan juga lho ya!
Karena tentu seiring perjalanan waktu, efektivitas mobil atau kendaraan roda empat tentu akan menjadi aus, dan perlu perawatan berkala agar performanya tetap sama ketika baru membelinya. Itu sih hal di luar faktor tak terduga lagi, seperti mendapati kecelakaan di jalan, misalnya.
Oleh karenanya tidak ada cara lain, tentu saja kita harus pandai membagi ongkos-ongkos perawatan kendaraan dengan ongkos kehidupan kita sehari-hari kan, yang pasti juga sangat penting!
Aih terkadang kita bisa beranggapan jika memiliki mobil bisa menjadi beban baru yakan? Palagi baru saja membeli unit mobil baru, namun malah sudah mendapati macam rupa kerusakan.
Nah bertanya adakah Diler Produk mobil Mitsubshi yang bisa menjawab hal di atas tadi? Ya dalam hal memberikan kenyamanan pelayanan perawatan untuk mewujudkan satu kata kuncih yakni kepuasaan dan kemudahan layanan service Mitsubishi kepada para konsumennya tadi ya?
Apalagi diantara kita, -siapa tahu- ada keinginan untuk membeli mobil Mitsubishi di masa Pandemi saat ini, ah beli gak ya? Jadi ragu?
Mitsubishi menawarkan program new after sales product I istimewa
Jika pertanyaan itu ditujukan kepada saya, baiklah, saya akan jawab. Sebut saja PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), ituloh Diler mobil dengan penjulan Mobil brand Mistsubishi, pernah dengar?
Penasaran untuk tahu lebih dalam tentang kenyamanan dan kesempurnaan cinta yang dimaksud dalam judul tulisan ini kan? Yang pasti spesial ditujukan kepada kita para konsumen setia Mitsubishi.
Nyaman di rumah aja, lewat 24 HES?
Serba salah! Bisa jadi ungkapan yang wajar, di kala musim Pandemi ini, dimana kita dan Mobil Mitsubishi kesayangan kita, kini hanya bisa berdiam di rumah saja.
Nah apalagi selama di rumah saja, resiko terhadap kerusakan mobil kita rentan pula terjadi, terlebih lagi jika kita maunya hanya rebahan saja di rumah dan terlupa untuk menghidupkan mesinnya dan menggunakanya, walau hanya sebentar.
Misalnya, bisa saja malah terjadi masalah rem lengketlah, aki droplah sampai kerusakan Ban, kesemuanya bisa terjadi karena mobil hanya terparkir di garasi rumah selama WFH. Dan jika apes malah hal kecil tadi bisa menjalar pada kerusakan mesin mobilnya lho.
Terlebih apes kita terasa, ketika baru tersadar mengetahui kerusakan tadi dan pada saat itu juga ingin menggunakan mobil untuk keperluan penting dan mendadak.
Tapi, bisa gak hal tadi dibuat senyaman mungkin? Kan tinggal telpon Hotline Mitsubishi, untuk segera merasakan kemudahan layanan services Mitsubishi.
Nah sebagai pelanggan PT MMKSI yang baru atau sudah menggunakan produk Mitsubishi, hal itu bisa lekas tertanggulangi, dimana ada fasilitas Home Services dan 24 Hours Emergency Services (HES), sudah tahu?
Fasilitas Home service ini bisa kita gunakan jika menemukan kerusakan ringan pada mobil dengan langsung mendatangkan mekanik spesialis Mitsubishi langsung ke rumah.
Jika kerusakan mobil bandel, tenang, ada layanan penjemputan Mobil menuju ke Bengkel Mitsubishi terdekat. Dan kita hanya menunggu informasi selanjutnya dari rumah saja.
Namun jika mobil kita tanpa keluhan, fasilitas ini juga bisa digunakan, dimana mekanik yang datang hanya melakukan service ringan, pada kelipatan 10 ribu KM dan pemeriksaan lampu.
Beruntunglah lagi bagi kita yang memiliki Mobil Mitsubishi dengan usia kurang dari 3 tahun, karena banyak sekali beragam manfaat olehnya, baik ketika bersama di rumah saja bahkan bersama Mitsubishi di luar rumah sekalipun.
Manfaatnya adalah fasilitas bebas antar-jemput ke bengkel Mistsubishi, ketika mogok di jalan, dengan beragam sebab, kayak terjebak banjir, bahkan. Dan mobil yang mogok segera akan dijemput ke diler Mitsubishi terdekat dengan maksimal jarak 50 Km.
Nah lalu fasiltas 24 HES Mistsubishi juga mengcover kerusakan ban pecah, kunci tertingga di dalam mobil dan bantuan BBM 5 liter saat mobil mogok.
Mobil Harus Berusia 3 Tahun?
Untuk mendapatkan fasilitas 24 HES ini memang menyatakan demikian sih. Namun ternyata, untuk memberikan kenyamanan dan kesempurnaan cintanya PT MMKSI juga telah memberikan kelonggaran terhadap SKB tadi selama masa Pandemi ini.
Nah ketika kita mendapati mobil kita mengalami kerusakan dan masa garansi kita yang berakhir pada masa PSBB di periode 13 Maret – 31 Mei 2020.
Tenang! Kita akan diberikan perpanjangan waktu untuk bisa mendapatkan pelayanan service setelah Pandemi kondusif kok. Bawa saja service booklet ketika ingin mengajukan perpanjangan garansi tadi.
Lalu adalagi, bagi kita yang masih memiliki garansi Free service and smart package yang habis jua berlakukanya pada masa PSBB masih bisa jua menggunakan fasilitas tersebut, sesudah masa Pandemi Ketika dinyatakan kondusif. Nah hal ini tentu saja memberikan kenyamanan kan selama berada di rumah kan?
Bukti Kenyamanan dan Kesempurnaan Cinta PT MKKSI untuk Pelanggan setia!
Tahu gak? PT MKKSI ingin menncapkan kenyamanan di hati konsumennya, terutama dengan implemnetasi Mitsubishi One! Yakni penerapan lima pelayanan terbaik untuk mencukupi kenyamanan konsumennya, apa itu?
Hal ini ditunjukkan dengan pertama, One Spirit, semangat pelayanan Mitsubishi yang maksimal, Kedua, One Hospitality Standard, yakni perlakuan pelayanan yang ramah dan solutiv, ketiga, One Service Standard, kualitas pelayanan dengan siitem integrasi dan akurat.
Keempat, One Unity, pelayanan saling memiliki dari teknisi atas mobil kosumen. Serta Kelima, One Vision, yakni inovasi yang menjadi tuntutan konsumen dalam pemenuhan kenyamanannya.
Infografis Mitsubishi
Selain itu ada juga pelayanan After sales Mitsubishi. Nah dalam layanan after sales akan mencakup lima hal yang pasti menjadi tuntuan kebutuhan konsumen Mitsubishi nantinya, apa saja!
Mitsubishi Service Caravan
Program ini sudah lebih dahulu dicobakan di banyak negara kok, dan baru saja dicobakan di Indonesia. Program ini sudah mendatangkan mekanik terbaik asal Jepang untuk langsung terlibat memberikan pelayanan dalam bentuk konsultasi. Sudah dilangsungkan kok di Surabaya dan Malang pada tahun 2019 lalu.
Parts & Accssories Warranty
Program anyar ini sudah diberlakukan di akhir 2019 lalu, dimana pembelian suku cadang asli dari Mitsubishi Motors, para konsumen berhak mendapatkan garansi selama setahun per 20 ribu KM.
Lalu pembeliann dan pemasangan suku cadang asli lansung di bengkel resmi Mitsiubishi, para konsumen alah langsung mendapatkan garansi 3 tahun per 60 ribu KM atas suku cadang tadi.
New 24 Hours Emergency Services
Nah program ini mirip dengan layanan yang kita singgung di atas namun ada plus-plusnya, konsumen akan mendapatkan tambahan manfaat asuransi dari PT Allianz. Tentunya ada persyaratan khusus, dimana layanannya akan bisa dinikmati hingga usia mobil kita 3 tahun.
Body & Paint Expansion
Nah layanan ini untuk memudahkan kita dalam hal kebutuhan perbaikan bodi dan cat berstandar Mitsubishi Motors. Dimana PT MMKSI menghadirkan 15 fasilitas perbaikan dan pengecatan bodi kendaraan. Dan layanan ini akan terus berkembang sesuai meningkatnya permintaan.
New After Sales product
PT MKKSI akan memperkenalkan banyak produk terbarunya dari program after sales ini, seperti ban, baterai, bulb, Oli OW-20 (MMGO) serta Engine Cleaner & Coating dan juga instan Tire Repair Kit.
Semakin nyaman di rumah saja belum?
Nah dengan seabreg pelayanan PT MKKSI tadi, terjawab sudah jika di rumah saja bisa menjadi selalu nyaman kan?
Karena semua hal yang berkaitan dengan beban kerusakan pada Mobil Mistsubishi kesyangan kita, ketika di rumah saja atau bahkan di luar rumah sekalipun, bersama Mitsubishi menjadi ringan.
Dan tentu saja dengan pelayanan PT MKKSI, bisa memberikan bukti nyata dan dukungan kepada Pemerintah saat ini untuk bersama mengindahkan anjuran selalu stay safe di rumah saja.
Tujuannya tentu agar Pandemi ini segera berlalu , secepat mungkin! Dan segera menjawab pertanyaan di atas, soal kapan Pandemi ini akan berlalu.
Nah terjawab deh, sudahkan kenyamanan dan kesempuranaan yang terbungkus dalam kemudahan layanan service Mitsubishi Motors kita rasakan di mana pun kita berada bersama Mitsubishi saat ini?
Ah masa cuman Rizky Febian saja yang bisa memberikan kenyamanan dan kesempuranaan cinta itu sih?
Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog DBP Academy X Tempo Blogger Writing Competition.
Kadang keberuntungan dan kesialan datang berbarengan ya? Salah satunya adalah ketika kita mendapati pintu mobil kita terkunci, dengan berbagai sebab! Iya kayak kunci mobil terlupa atau malah hilang, entah kemana? Padahal ada banyak barang penting di dalam mobil kita!
Kesialan kita menjadi-jadi ketika kita tidak tahu apa yang kita lekas perbuat untuk membuka pintu mobil terkunci itu. Ada saja sih kontak mekanik bengkel di nomer HP namun jika kepergok dompet kosong di celana, malah bisa buat masalah, anu mahal!
Tapi tenang aja dulu, tarik nafas sebentar sambil mencari benang/tali godam, lho? Iya tali putih yang sering dipakai di proyek bangunan untuk pengukuran kedataran permukaan secara manual itu nah. Nah dengan itu bisa saja kesialan kita akan berbuah keberuntungan gaes.
Nah langsung saja , berikut hal yang bisa kita lakukan untuk membuka kembali pintu mobil terkunci tadi untuk mengambil barang-barang penting dalam mobil kita.
Yup, tetap dipegang ya gaes benangnya! Atau jika belum ada ya beli aja dulu, di sekitar kita berdiri saat ini, banyak saja kok di toko bangunan.
Sudah dapet belum? Yok ikutin 4 langkah super mudah ini ya!
Pertama
Buat simpul, pengait dari tali tadi dengan mudah. Dulu ikut Pramuka kan? Pasti tahu caranya! Gunanya nanti, benang akan mengaitkan tuas pintu di dalam pintu kita dengan mudah.
Ilustrasi Gambar Diolah
Kedua
Masukan tali tadi ke dalam bagian dalam pintu untuk meraih tuas yang kita maksud tadi gaes! Dengan memasukkannya lewat bagian ujung atas kaca pintu depan mobil. Lalu tangan kanan menarik ke bagian atas kanan, dan bagian tangan kiri menarik bagian bawah kiri kita. Menyesuaikan arah tuas pintu.
Ketiga
Paskan tali simpul tadi pada tuas kunci dalam pintu dengan perlahan, dengan menarik dua arah tadi, kanan atas dan kiri bawah secara bersamaan. Nah jika sudah kena, pada tuas tadi, lekas cengkram dengan simpul tadi, dan angkat ke atas perlahan-lahan. Kleeek.. Pintu akan terbuka kan? Yeay!
Keempat
Ya sudah selamat deh, akhirnya terbuang sudah kesialan kita tadi gaes! Dan berhasil untuk membuka pintu mobil kita yang terkunci dari dalam, tentu dengan resiko yang teramat kecil.
Ilustrasi gambar diolah
Namun ya bersabar, jika mobil kamu jua dipasang alarm, jangan gugup ya jika banyak orang yang akan berkerumun kerika alarm berbunyi geram, aih dikira kamu copet lagi eh rampok mobil! Jelaskan saja dengan santuy kepada mereka deh, jika kita horang kayah yang baru saja kehilangan kunci untuk membuka pintu mobilnya.
Nah dengan empat cara mudah ini tentu saja menjadikan solusi, yang mengatasi masalah tanpa masalah baru kan? Seperti merusak kaca mobil, yang tentu akan berbiaya tinggi.
Yup, jangan malu dicatet gaes 4 tips tadi, siapa tahu hari ini, waktu kesialanmu kan? Dengan 4 langkah ini, solusi kesialaan pintu mobil terkunci tentu akan berbuah keberuntungan.
Eh keberentungan kita mugkin jadi dobble nih jika dengan cara ini, kita juga bisa membantu orang lain yang juga bernasib sama, pintu mobil terkunci. Wah pas anu ketemu cewek. Malah bisa jadi jodoh kan? Hiks.. jadi Heroh nih!
Macet
kini sudah menjadi barang basi untuk selalu saja dikeluhkan. Terus kamu mau
marah? Ujung-ujungnya berada di atas kendaraan, kita tertuju pada Klakson yang
bisa saja menjadi pelampiasan, digenjet saja mas sekeras-kerasnya selesai! ”Teeeeeet…. teeet… teeeeet.”
Lantas orang sekitar yang mendengarkannya, ada saja yang berpikir positif jika kamu lagi kebelet mau pipis! -hikss-
Nah,
Klakson pastinya memang dibuat untuk mengeluarkan suara keras, terus buat apa
jika tidak digunakan? Malah kemajuan tehnologi sudah bisa memodifikasikannya ke
dalam macam bunyi, hingga ada saja yang mirip suara bianatang “Oing..oing..oing…”
Tapi
apa iya, dengan keberadaan Klakson di kendaraan kita dan menggunakannya, bisa membuat
orang sekitar yang mendengarnya bakal baik-baik saja?
Nah,
menyadari hal tadi, kehadiran klakson di kendaraan bisa saja antara ada dan
tiada aja sih? Dipakai salah, tidak dipakai mubazir!
Dipukul atau digencet?
Jika
ada yang pernah ke Jepang, katanya-katanya pengendara kendaraan di sana malah
jarang yang menggunakan Klakson di jalan raya. Karena katanya lagi,
menggunakannya bisa jadi membuat ketersinggungan gitu.
Namun
di sini juga berlaku kok. Namun kondisinya bisa saja berbalik, Klakson bisa
saad dijadikan oleh kita sebagai alat komunikasi penyampai pesan pengendara
satu dengan yang lain, agar ‘hey minggir’.
Hal itu bisa saja menjadi presepsi awal kita mendengar Klakson yang bertubi-tubi menyapa kita. Ujungnya nya, saling bales-balesan ber-Klakson.
Apalagi, di kondisi jalanan yang serba macet bisa saja, Klakson yang berlebihan malah bisa menimbulkan keonaran kan sesama pengemudi?
Budaya
memukul Klakson yang berlebihan jika diteruskan tentu akan menjadikan budaya buruk dalam diri kita, dan masyarakat
kita. Dimana kok sepertinya, kita tidak menghargai banyak sekali aktivitas
mayarakat yang terganggu atas perilaku ugal-ugalan kita tadi.
Nah,
menyikapai hal ini sih bagusnya, ketika kita hendak menyapa pengemudi lain
untuk menyampaikan pesan ‘awas ada saya
nih’. Klakson cukup disenggol dipencet dengan jempol, bukan dipukul keras,
dan cukup hanya sekali saja.
Ah
dengan begitu akan terasa elegant
terdengar, dan pesan yang disampaikan dari Klakson akan efektive ke pengendara lain.
Atau
kita bisa memulai membiasakan menggunakan Klakson untuk tujuan Safety, biar
Klakson kita berdaya-guna dan bukan hanya pajangan saja. Siapa tau, takut-takut
untuk menyenngolnya, memulainya bagaimana?
Nah
dalam budaya K3, penggunaan Klakson selalu saja, memiliki arti tunggal baik
yang meng-klakson maupun yang mendengarkan. Jika kita hendak menyalakan mesin
kendaraan mobil, bisa kita beri tanda dengan satu kali bunyi klakson.
Jika
hendak maju kita bisa klakson sebanyak dua kali. Nah jika kedaraan berjalan
mundur, pencet saja klaksonnya tiga kali.
Nah adab K3 ini bisa saja menjadi budaya baru kita kan, untuk memanfaatkan Klakson kendaraan, agar kita tetap selamat dalam perjalanan dan juga menghargai pengendara lain di ramainya jalan raya. Ini bisa saja menjadi latihan di tahap dasar kan, untuk membuat budaya baru ber-Klakson di jalan raya.
Adab ber-Klakson di jalan raya
Nah
secara umum, Ber-Klakson bisa saja kiat terapkan dalam berbagai kondisi seperti
Pertama,
tidak menyalakannya pada malam hari, cukup menyorot sinar lapu jauh, kehadiran
kendaraan kita oleh pengendara lain dapat diketahui.
Kedua,
pada saat macet dan posisi di tempat penyebrangan jalan. Bayangkan jika macet
dan segeromboilan orang ingin meyebrang jalan, itu halnya bisa memancing emosi
saja. Cukup tekan sekali saja klakson kita untuk menanda mempersilahkan mereka
lewat.
Ketiga,
mendahuli kendaraan lain, bisa saja kita menekan klakson sekali, membari tanda
untuk diberikan celah untuk mendahuluinya.
Keempat, setelah mendahului kendaraan lain, nah klakson sekali ketika berhasil mendahului kemndaraan lain bisa dimaknai, rasa terimakasih karena diberikan ruang untuk lebih cepat berkendara.