TeknoBlog

TeknoBlog

Yuk Ngomongin Teknologi

Menyemat Aplikasi Kumparan, Kini Kebaikan Itu Mudah Lewat Genggaman lho!

Aplikasi Kumparan

Dunia maya bergemuruh soal tarif PLN yang dirasa melejit pada pemakaian April lalu , bertepatan jua di masa Pandemi. Eh jangan-jangan tarif -memang- sudah naik diam-diam oleh PLN? Wah tega kali ya PLN! Namun setelah membuka aplikasi Kumparan, dan melahap beritanya hingga selesai, ternyataaa terbuka semua tabir rahasia ituh..!

Lantas diam-diam saya pun juga mengecek tagihan PLN, pemakain bulan April lalu. Busyet ternyata ada sih -memang- kenaikannya, lumayan sekitar 10%, dan kebetulan saya masih menggunakan post-paid PLN sih. Jadi masih nyaman buat trace-backnya.

Sebenarnya, jujur jarang sih saya memeriksa meteran listrik di depan rumah, males aja, titik! Tapi kondisi itu membuat saya lekas memaksa untuk memeriksanya, dan mencocokkanya sendiri. Aih benerkan ternyata bukan Hoax kok, asli nilai meterannya memang naik, suer!

Ah, tindakan ini cuman spontan dan sangat mudah untuk mengcopy-paste anjuran PLN, memeriksa pemakaian listriknya di rumah masing-masing, dan lekas dikalikan saja dengan harga satuan per-Kwh yang selama ini masih berlaku.

Karena tahu gak? Ternyata lonjakan harga tagihan PLN itu dikarenakan bulan sebelumnya -Mei- PLN memberlakukan charge tagihan dengan pola tren 3 bulan sebelumnya dalam rangka social-distancing, dimana petugas tidak memotret rekening berjalan kita via box meteran listrik.

Sehingga kelebihan pemakaian di bulan Mei, tidak terhitung dan langsung terakumulasi di bulan April ini. Ya lantas jadilah barang-viral ini kan, dimana ada tren pemakain bulan April yang -relatif- naik!

ScreenshotAplikasi Kumparan

Dan panas hati saya seketika itu turun, karena semua rasa emosional yang dipacu arus berita di media social yang kencang di masa Pandemi ini. Untung-untung ada sesuatu yang tersemat di Smartphone sebagai jendela informasi positif ya dan menjadi referensi.

Iya aplikasi Kumparan yang bisa jua didownload dengan mudahnya dari Playstore Android kita.

Jika tidak baca informasi berita valid, bisa jadi malah post-truth deh, yang cepat-cepat kita ingin mengatakan jika PLN ini curang dan bla-bla-bla…Ya karena di masa Pandemi ini, masalah sensitivitas sosial selalu saja dikaitkan dengan harga-harga.

Ya dimana-mana harga tinggi yang bisa membuat tensi tinggi pula dari sisi pembeli, harga murah ya terkadang juga buat tensi tinggi juga dari sisi lainnya, yakni penjual!

Serba salah kan? Namun untung saja, kini kebaikan itu bisa dimulai dari genggaman, lalu lekas turun ke hati, iya dari genggaman aplikasi Kumparan yang ada di Smartphone kita ini. Sudah install belum?

Mengapa harus Aplikasi Kumparan Sih?

Banyak alasan bagi saya memilah aplikasi dan kemudian menyematkannya di Smartphone! Terlebih di musim Pandemi ini, dimana kebutuhan akses informasi -berita- dan konten positifnya sangat dirasakan.

Harapannya sih bisa menjadikan hari-hari selama di rumah saja lebih mengasikkan sih, selain menikmati hiburan saja di dunia maya!

Terutama mengenai, mencerna informasi dinamika dunia nyata yang bisa dengan mudah diteropong dari banyak angle kehidupan, baik sosial, ekonomi, politk serta hukum. Semua menjadikan kue legit informasi yang sudah menjadi camilan harian kita.

Adalah kumparan, yang merupakan portal berita daring, dan sudah memberikan akses kemudahan informasi penting yang dibalut dalam sematan aplikasi di Smartphone kita.

Dan cerita saya di atas, paling tidak sudah memberikan gambaran nyatanya, jika lewat informasi yang positif dan terpercaya akan selalu -pasti- bermanfaat kepada kehidupan yang real terjadi pada saat ini kan, sebagai pembaca?

Utamanya mengelola hati dan mencipta kebaikan baru bagi diri kita yakni berpikir jernih dalam mengunyah informasi dunia maya, termasuk ya bersumber dari media social kita!

Unboxing aplikasi Kumparan yok!

Nah bagi kita yang haus akan banyak informasi, semuanya bisa diakses mudah lewat aplikasi Kumparan. Ketimbang harus menjelajahi arus berita di mesin Peramban yang menghamburkan banyak pilihan informasi, jadi bingung malah!

Ketika tersemat di layar Smartphone kita, cukup mengklik sekali, untuk menggapai ragam informasi.  Kemudaian informasi itu bisa lekas kita lahap dengan nikmatnya. Gimana rasayanya yok? Mari kita cicipin bersama ya!

Nah setelah menginstal dan mengklik icon aplikasinya di layar Samrtphone kita. Kita akan masuk ke halaman pertama, dan dihadapkan pada opsi Sembilan kategori informasi yang -pasti- akan menjadi kebutuhan kita.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Ada kategori  News, Entertainment, Mom, Food and Travel Tekno & Sains, Otomotif, Woman, Bola & sport serta Bisnis. Pilih 3 diantaranya deh! Atau bisa juga pilih semua jika suka, centang aja semua pilihannya.

Taraaaa.. kini semua informasi yang berkaitan dengan kategori yang kita pilih sudah bisa tersaji dalam genggaman nih! Terserah mau dari mana kita akan memulainya untuk membancanya!

Nah dalam laman itupun, akan ada ikon-ikon  di bawah lamannya yang bisa kita pilih, apa itu? Coba lihat!

1. Ikon Beranda

Nah icon Beranda, jika kita klik akan menampilkan laman dengan kompilasi kategori Berita yang mudah kita pilih. Terdapat berita headline dari redaksi Kumparan yang sedang In saat ini, lalu berita trending, kumpulan photo berita samapai macam Polling untuk menyerap harapan kita sebagai pembaca Kumparan.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Nah di laman ini jua, kita bisa leluasa untuk memilih Berita yang menjadi makanan Publik luas yang juga -pasti- diberitakan oleh Media lainnya, tentu dengan angle rasa yang berbeda tentunya kan?

2. Ikon Terbaru

Nah sudah jadi rahasia umum, jika berita online jika tidak disajikan dngan cepat tentu menjadi basi ya. Namun dengan tidak mengenyampingkan keakuratan data dan narasumber, berita-berita yang diturunkan di laman ini menjadi paling hangat dan cepat untuk dinikmati.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Pembaca Kumparan akan menjadi yang pertama dalam memperoleh informasi atas dinamika kehidupan setiap detiknya, malah.

Dan tentu saja, perkembangan atas berita yang paling hangat dan tren ini akan terus akan diupadate perkembangannya. Dan tentu akan memanjakan kita untuk tahu segala hal tentang bumi ini hanya lewat Smartphone kita ini kan ?

3. Koleksi

Ikon yang bergambar bintang selanjutnya ini, tentu akan bersisi kategori unggulan yang memudahkan kita merangkum highlight berita yang tersaji secara umum di aplikasi ini.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Terdiri atas, berita pilihan redaksi, Olahraga terbaru, pusat informasi Corona, liputan ramadhan, BisniS, dan konten istimewa lainnya!

4. Ikon Notifikasi

Laman ini akan memberikan kemudahan kita, untuk segera mengupdate berita pilihan meski tidak selalu terhubung aplikasi ini.

Notifikasi aplikasi Kumparan
Ilustrasi Notifikasi aplikasi Kumparan I Dokumen Pribadi

Jadi meski kita sedang melakukan aktifitas lain, dengan mengatur laman ini sebagai default, kita bsa menerima notifikasi secara langsung di Smartphoen kita. Dan dengan mudah kita mengaksesnya dengan mengkliknya sekali tentunya sih!

5. Ikon Menu

Laman ini berisi profil kita sebagai pembaca Kumparan dan juga informasi mengenai keredaksian Kumparan sendiri. Serta pengaturan tambahan soal pengunaan aplikasi ini.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Serta ada juga kategori berita dan juga kategori atas informasi menarik lainnya yang bisa juga kita bisa pilih dneegan mudah ya! Sesuai katagori informasi yang kita pilih dari awal tadi, yang sudah kita bahas, ketika akan memulai menukmati aplikasi Kumparan ini

Kebaikan itu kian mudah kan?

Rasa berita informasi,  yang cepat dan akurat bisa menjadi pertimbangan mutlak kan untuk memilih portal media daring? Apalagi ditulis oleh Reporter yang berkapasitas dan teruji.

Selain itu informasi berupa opini pembaca bisa menjadi santapan yang bisa membuka wawasan kita dalam menikmati alam demokrasi ini.

Lalu informasi berupa artikel yang tersaji ringan dengan tulisan yang tidak teralu Panjang namun lengkap, bisa menjadikan inspirasi baru yang bisa dilakukan dalam kehidupan harian kita. Apalagi tulisannya juga ada yang menggunakan gaya listicle, jadi semakin mudah mengunyahnya!

Misalkan saja kategori Mom dan food&travel, bisa memberikan kita banyak pilihan untuk dijadikan inspirasi para kaum ibu-ibu dan para traveller. Dimana informasi di dalamnya bisa menjadi referensi menjalani kehidupan kita.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Dan yang terpenting, dari semua informasi tadi bisa membawa kita untuk mencipta kebaikan, tentu saja akan dimulai dari diri sendiri dan menjalar ke sekitar kita kan?

Melahap informasi yang positif dan penting kini juga terasa mudah, kini kita bisa mensharing semua konten tadi lewat media social yang kita ikuti.

Di setiap post artikel yang kita baca, diakhir bacaan kita akan temukan ikon yang menghantarkan kebaikan itu! Ya apalagi tentu saja, dengan menshare berita tersebut ke teman terbaik kita.

Cukup tekan sekali, dan kita sudah bisa berbuat baik kepada sesama seperti apa yang kita rasakan.

Aplikasi Kumparan
ScreenshotAplikasi Kumparan

Dan lewat aplikasi ini juga, kita bisa tetap tersambung dengan aplikasi WhatssApp  lho, untuk tetap selalu terhubung dengan orang dalam kontak Smartphone kita.

Nah jika dalam grup WA lagi ramai membahasa isu yang lagi in, Kumparan bisa jadi referensi deh untuk lekas mengakhiri perdebatannya kan?

Yuk kita mulai kebaikan itu, dari genggaman kita, dari Smartphone kita lalu turun ke hati, iya jelas tepatnya dimulai dari aplikasi Kumparan dong!

By Alfian Arbi

Cover Photo Aal Arbi/Dokumen Pribadi

error: Content is protected !!