TeknoBlog

TeknoBlog

Yuk Ngomongin Teknologi

Saat Matic Kita Lanjut Usia, Perhatikan CVT Matic Gaes!

CVT MATIC

Matic juga manusia, punya rasa punya hati, jangan samakan dengan pisau belati. Nyayian itu bisa saja membangunkan kita dari mimpi, jika memang tidak ada yang abadi di dunia ini kok. Termasuk laju Matic kamu, yang tergantung dari komponen CVT Matic!

Meski terlihat kekar nan gagah secara postur, varian Matic modern dengan segala kelebihannya serta kemudahannya, pasti menyelipkan banyak kelemahan pada komponen yang terus bisa tergerus oleh waktu. Semuanya bisa kita rasakan ketika Matic kita menginjak usia lima tahun.

Apalagi, sehari-hari si Matic kita, menjalani tugas berat, mengantar-ngatar yayang-lah pulang pergi sekolah atau kantor. Dan malah juga diajak kerja sampingan ngojol, anter paket yang berat-berat, jauh lagi.

Nah adalah penting untuk memperhatikan beberapa komponen, termasuk mau tidak ya, mengganti komponen aus tadi biar Matic kita tetap joss Kembali.

Hal yang terkecil di kala usia Matic menua, yang sering kita lupakan adalah, asupan gizi pelumas, yang harus mulai sering dimanja untuk  diganti sesering mungkin deh. Terus kondisi minyak rem, oli gardan, dan cairan radiator-nya.

Komponen diatas, saya yakin bisa saja terlewatkan di tengah alasan kesibukan harian kita, meski ada juga yang menjawab jujur anuu belum bisa menggantinya karena masih bokek jalanin ajalah dulu. Iya-iya urusan kantong memang terasa lebih pahit untuk membuat Matic kita selalu baik-baik saja.

Nah buat yang berkantong tebal ya bisa saja tidak perlu menggati semua komponen ecek-ecek tadi, repot ah. Ya mungkin ada rencana kredit motor baru lagi biar tetap keren, atau ya bayar cash deh buat beli baru? Aamin-lah! Ini solusi banget deh bro!

Usia lima tahun, Perhatikan ini CVT Matic gaes!

Jika dibayangin, apa saja sih gak enaknya berkendara Matic tuah itu? Ya Matic yang berusia lima tahun keatas gitu deh! Padahal, kalau anak anak-anak usia segitu kan biasanya manjah, selalu minta diperhatikan. Hiks bisa jadi sama, selalu saja minta didorong alias biasa sering mogok.

Nah matic dengan catatan jarak tempuh 30 ribu Kilometer bisa menjadi acuan kita untuk jua mengganti aki motor juga. Karena gak lucukan Matic tanpa starter tangan, masa iya digenjot jika aki tetiba mati? Palagi lagi bonceng yayang! Maluk!

Roller CVT Matic

Wah jika aktivitas genjot-menggenjot dianggap sembari olahraga, yaitu pilihanlah! Namun gegara aki, penyakit Matic bisalah menjalar kemana-mana, terutama system kelistrikan dan ujungnya bisa membuat lampu motor bisa putus-padam.

Adalagi komponen yang mulai melemah seperti piston kit, V-belt, valve kit, rantai mesin, seal-seal gasket. Puncaknya yang pasti kita harus perhatikan, ya bagian CVT akan menjadi vital untuk diperhatikan. CVT Matic berisi kampas kopling, pulley depan, dan pulley belakang.

Lalu ada juga saringan pada pompa bahan bakar, agar saluran bahan bakar bisa menyemburkan bahan bakar tadi ke injector. Ini juga komponen yang wajib diganti gaes!

Roller?

Nah dua komponen yang terasa sekali Lelah, di kala usia senja Matic kita menua adalah Roller. CVT sendiri adalah continuously variable transmission, dan didalamnya tersemat roller. Hubungan keduanya sangat erat gaes!

Roller akan berfungsi membantu dan mengatur putaran mesin rendah ke tinggi. Membayangkan kinerjanya, bisa saja kita melihat roller akan mendorong pulli dan puli akan mengembang dan membuat belt merenggang

Bentuk Roller akan mempengaruhi kinerja rumah roller, bentuknya harus bulat, supaya bergerak sempurna. Namun ada jua kita jumpai berbentuk bundar untuk motor racing. Berat roller juga harus pas, tidak ringan tidak jua berat.

Roller CVT Matic

Jika terlalu ringan akan membuat akselarasi bagus, namun top-speednya kurang. Sebaliknya jika Roller berat top speednya bagus namun akselerasi bisa malah kurang.

Matic Tua jual aja?

Pertanyaan itu mudah kali dipatahkan sih? Jawabannya emang matic tua kita laku dijual? Berapa?

Hiks, ya tentu saja semua yang ada di bumi akan bersifat tidak kekal kan  termasuk Matic kerenmu itu! So mulai sekarang, kita bisa mencoba menabung untuk merinci biaya perawatan CVT Matic  kita biar kita bisa jalan kemana-mana saja terus kan?

Satria Arby

The Arby’s

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!