TeknoBlog

TeknoBlog

Yuk Ngomongin Teknologi

Memburu Corona Lewat Aplikasi TraceTogether, Begini Toh Cara Kerjanya!

Aplikasi TraceTogether

Virus Corona bak artis, sudah terkenal di penjuru dunia, melampaui artis Hollywood sekalipun ya! Meski terkenal dia tak lekas menampakkan diri, untuk dihindari penularannya, dan akhirnya sukses membuat banyak korban. Lowprofile banget kan! Untung ada aplikasi TraceTogether, apa itu? Baca aja terus

Seperti mencari jarum dalam jerami, pasien Corona susah sekali ditebak, untuk mengetahui dan merngecek positif atau negatif sih kita ini, harus dengan standar ketat. Maklum alat testernya terbatas dan mahal, sehingga tidak semua orang bisa mengaksesnya.

Meminta pertolongan kepada Tuhan sudah! Namun ya tak cukup di situ saja, manusia juga harus berusaha kan? Bukan menemukan alat kesehatan yang bisa membantu penyembuhan lebih cepat.

Tehnology lebih dahulu mencipta aplikasi di Smartphone untuk memburu pergerakan Corona dan lekas melumpuhkannya ya dengan mengakarantina orangnya.

Kenalkan dialah TraceTogether, aplikasi Smartphone yang lebih dahulu dipelopori Singapura, dan sudah diterapkan di sana untuk melacak Corona yang bersembunyi di tubuh warganya.

Tepatnya tanggal 9 Maret 2020 lalu, aplikasai ini bisa dimainkan oleh penggunanya. Aplikasi ini katanya, bisa membantu dalam mengakses informasi seseorang yang tertular Corona.

Begini cara kerjanya, misalnya kamu nih sudah download aplikasi ini lantas sudah install pula di Smartphone, dan –amit-amit deh- kamu terinfeksi Corona, Pemerintah bisa men-tracing informasi yang dikumpulkan aplikasi ini. Iya, aplikasi ini bisa tahu dengan siapa saja kamu berhubungan selama 14 hari yang lalu.

Datanya berupa lokasi pasien dan waktu serta lokasi serta orang yang berada di sekitar kamu itu. Dengan begitu Pemerintah tinggal mengolah saja data yang dikumpulkan, dan segera mengakarantina orang yang berada di sekelilingmu tadi. Wah bisa terungkap semua tabir rahasia orang ketiga dan seterusnya nih!

Kok bisa ya?

TraceTogether, rupanyanya punya sinar Bluetooth untuk mendekteksi jarak antar pengguna aplikasi dalam radius dua meter. Terus juga aplikasi ini memanfaatkan GPS di Ponsel kita, untuk mengumpulkan data kayak lokasi maupun durasi pengguna aplikasi di setiap tempat.

Poinnya, aplikasi sangat ampuh membantu Pemerintah menemukan suspect Corona yang didapat dari kamu tadi. Tapi kuncinya ya, kita semua harus sama-sama instal dulu aplikasi Tracetogether nya dong! Biar ketika pengguna aplikasi itu berdekatan, sesamanya akan bertukar informasi via ponsel dan nomer telpon.

Nah tapi jangan kuatir, data yang dikumpulkan aplikasi TraceTogether akan tersimpan selama 21 hari terus akan menghilang dengan sendirinya kok! Dan yang perlu dicatat, data pastinya akan tersimpan di dalam Smartphone kita saja, dan tidak langsng terhubung secara online dengan pihak manapun, terlebih Pemerintah.

Wah mesti beli ponsell baru dulu, terus lekas instal?

Indonesia katanya juga akan mensosialisaikan aplikasi ini buat warganya, namun dengan tehnolgy yang kurang lebih sama dan dikembangkan oleh Indonesia. Nama aplikasinya adalah PeduliSesama!

Poinnya sih fungsinya bakal sama dengan TraceTogether. Nah aplikasi PeduliSesama yang hadir di Indonesia nanti akan dipasangan khusus untuk pasien postif covid 19, lantas datanya nanti akan tersambung ke Stagas COVID-19 dan juga Kemenkes!

Tapi, biar sukses mensosialisasikannya, kita juga tentunya harus punya Ponsel yang kompetible untuk menginstal si aplikasi Aplikasi PeduliSesama tadikan? Jika kita sendiri tidak menginstalnya, jadinya ya bisa percuma dong tehnology tadi!

Nah, Corona mah, selalu saja memberikan efek kejut ya, buat manusia untuk terus bekerja keras lebih kreatif dan inovatif dalam mencipta apa saja. Ya termasuk penciptaan aplikasi PeduliSesama ini. Nah sekarang bisa saja kita lekas kita instal deh di Googgle Play untuk Android.

Corona.. corona sudahlah, kita baikan saja ya!

By Satria Arbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!