Yuk Ngomongin Teknologi

Duuhh.. Kian Mudahnya Memamerkan Indahnya Mahulu, Dengan UBIQU!

mahulu

Ah, aksi  Matt Damon yang memerankan Film yang berjudul Bourne Ultimate, benar-benar sangat inspiratif euy! Lihat saja, dalam film itu. dia memamerkan alih tehnologi yang luar biasa, yakni koneksi internet yang bisa terhubung di mana saja. Iya seperti Ubiqu? Tahu?

Dengan fasilitas itu, si Matt menggunakan video portable nirkable dari sakunya, dan merekam kejadian di kota Madrid, eh hasilnya videonya itu ternyata juga bisa dinikmati live jauh di New York.

Dengan tehnology itu, jarak berasa tak masalah saja lagi. Sehingga pekerjaannya menjadi mudah dikerjakan. Ya mirip-mirip mbah Google juga!

Mau tahu apa, tinggal ketik nama kota, sampai pemiliki kartu kredit, hanya dengan ketikan jemari di keyboard Smartphone. Dan tarrra semua terbuka!

Hemm.. Setelah menyaksikan film itu, kita bisa saja sih berangan-angan. Apa bisa ya, di Indonesia, tehnology dapat menjangkau semua pelosok daerahnya?

Iya terutama tehnologi berupa akses internet misalnya, yang bisa dinikmati dari daerah pedalaman Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu), Kalimantan Timur. Daerah tempat domisili  saja saat ini?

Dimana Mahulu juga masuk dalam daerah tertinggal, terdepan, dan terluar atau 3T sudah diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No 131/2015 tentang penetapan daerah tertinggal di tahun  2015-2019.

Wajah Mahulu Selama Ini!

Kabupaten Mahulu yang terbentuk 2012 silam, adalah bagian wilayah di Provinsi Kalimantan Timur, dimana masyarakatnya tersebar di sepanjang alur sungai Mahakam yang masih mengandalkan akses sungai dalam kegiatan hariannya.

Jalan penghubung yang terdekat hanya bisa dijangkau dengan melewati Kabupaten Kutai Barat, itupun masih menerobos anak riam sungai Mahakam nan terjal. Dan untuk menjangkaunya dan memerlukan waktu berjam-jam.

Pemandangan Mahulu

Kecamatan Long Apari, di Mahulu adalah wilayah yang bersebelahan langsung dengan Malaysia.

>> Klik nomor halaman, baca selanjutnya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!