TeknoBlog

TeknoBlog

Yuk Ngomongin Teknologi

Ponselmu Kebasahan? Ketimbang Beli Baru, Coba 6 Langkah Menyelamatkan Ponsel Basahmu Ini

Smartphone basah

Ada banyak gaya kita meletakkan HP agar mudah menjangkaunya. Bisa ditaruh di kantung baju dan celana serta di dalam tas kecil kita. Namun ketika mendadak hujan deras atau kebelet buang air, HP kesayangan kita rentan basah kan?

Ya kebanjiranlah, atau tanpa sadar masuk ke dalam wastafel. Nah mendapati HP yang terlanjur basah, terkena air, kita bisa lekas menyelamatkannya dengan enam langkah mudah ini!

1. Jangan biarkan HP kita berlama-lama terpapar air, lekas ambil!

Namanya barang elektronik, ya pastilah mush utamanya air! Semakin lama terpapar air, potensi kerusakannya semakin pula tinggi! Lekas ambil! Jangan meratapi dan malah bersedih durjana melihantnya jatuh ke air.

2. Lepaskan colokan Charger

Penting ini, jika ponsel kita masih terhubung arus listrik lewat kabel charger, lekas pula lepas catu dayanya ya! Mencegah arus listrik konslet, terlebih memperparah potensi kerusakan ponsel kita.

3. Matikan saja ponselnya segera!

Cara teraman selanjutnya, matikan power nya jika masih hidup. Agar kompenen ponsel tidak konslet parah yang menimbulkan kerusakan serius.

4. Buka, dan ambil baterai HP-nya

Ini juga penting, memuutus arus listirk dari daya baterai. Ambil buku petunjuk cara melepas baterai segera mungkin! Bisa dilihat dari kompartemen baterai belakang kok!

Ada semacama kotak puth atau linkaran, jika warnanya merah atau merah muda, ya itu artinya benar, kerusakan ponsel kita akan terkonfirmasi dari air tadi.

5. Kartu SIM juga dikeluarkan!

Kartu SIM menyimpan banyak kontak dan informasi lain yang jua berharga. Ambil dan keringkan dengan handuk, jadi eman jika rusak juga dan mengurusnya lagi di oulet operator seluler.

6. Lepaskan semua assesoris Ponsel!

Terakhir, lepaskan semua penutup ponsel, pelindung atau hal lainnya yang jua terpasang di ponsel kita. Agar celah tadi bisa lekas mengeringkan Ponsel kita. Nah, ada pula cara yang bisa kita gunakan untuk lekas mengeringkan si Ponsel kita tadi.

Pertama, kita bisa meletakkannya di atas 900 ml beras selama 48-72 jam. Si beras akan membantu mengeluarkan sisa kelembaban di dalam ponsel kita tadi. Putar putar posisi ponsel kita setiap jamnya untuk meratakan kekeringannya.

Cara kedua, bisa juga kita gunakan penyedot debu dan juga penyemprot kompressor, atau taruh saja di depam kipas.

Nah ketika sudah benar-benar kering, kita bisa mencoba menyalakannya kembali deh! Semoga berhasil yah! Jika ponsel kita ternyata mati, tandanya kita mau dapet Ponsel baru tuh! –hiks-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!