Cara kerja Algoritma Instagram memang sungguh menarik ya? Coba saja perhatikan, kita kerap melihat sebuah postingan yang serupa dan tanyang pada beranda media sosial Intagram, bukan? Ya apalagi kalau bukan iklan produk yang selalu saja wara-wiri di beranda.
Jika mengetahui sebabnya, kita bisa saja mengurai sebuah postingan blog Instagram pada tanggal 31 Mei 2023 silam. Dan bisa menguak bagaimana cara kerja algoritma Instagram itu sebenarnya.
Sebenarnya Algoritma Instagram tidak lah bekerja hanya mengawasi semua hal yang dilakukan penggunanya. Terdapat banyak sekali model alogoritma yang memilki tujuan terntentu
Misalkan saja teknologi personalisasi pengalaman dimaa waktu yang digunakan pengguna akan menjadikan sebuah sumber yang sangat berguna.
Setiap bagian aplikasi Instagram—seperti Feed, Stories, Explore, Reels, Search, dan lainnya—menggunakan algoritma tersendiri yang disesuaikan dengan perilaku pengguna
Orang-orang cenderung mencari teman terdekat mereka di Stories, menggunakan Explore untuk menemukan konten dan kreator baru, sementara Reels untuk keperluan hiburan. Instagram kemudian memeringkat berbagai hal secara unik di seluruh bagian aplikasi—termasuk menambah fitur kontrol seperti Close Friends, Favorites, dan Following agar pengguna dapat menyesuaikan pengalaman mereka ke depannya.
Feed
Ini adalah bagian utama dari Instagram, menunjukkan sisi pribadi pengguna yang berisi unggahan dari daftar following mereka serta segala hal yang berkaitan. Artinya, Feed merupakan campuran konten dari akun yang pengguna ikuti, konten yang disarankan dari akun yang Instagram pikir pengguna bakal suka, serta iklan yang dipersonalisasi.
Komponen yang digunakan Instagram dalam memeringkat Feed adalah: Aktivitas pengguna (like, share, comment), informasi posting dan pemosting, dan riwayat interaksi pengguna dengan akun tertentu.
Stories
Lewat Stories, para pengguna Instagram saling berbagi momen sehari-hari dan tumbuh lebih dekat bersama orang dan persoalan yang diminati. Story (cerita) yang pengguna lihat berasal dari akun yang mereka ikuti (following), serupa dengan Feed.
Instagram menentukan urutan cerita yang muncul menurut: Riwayat melihat Stories (seberapa sering pengguna melihat cerita suatu akun), riwayat keterlibatan (seberapa sering pengguna membalas atau memberi reaksi pada cerita seseorang), dan kedekatan (seberapa besar kemungkinan pengguna terhubung dengan pengguna lainnya sebagai teman atau keluarga).
Explore
Explore dirancang untuk membantu pengguna menemukan hal-hal baru. Posting di bagian ini pada umumnya terdiri atas rekomendasi unggahan dari akun yang belum pengguna ikuti.
Seperti biasa, langkah pertama yang Instagram lakukan untuk memeringkat Explore yakni mengumpulkan posting, lalu menentukan foto dan video yang mungkin pengguna minati berdasarkan aktivitas sebelumnya—misal tiap posting yang pernah pengguna sukai, simpan, bagikan, dan komentari.
Reels
Reels menjadi cara lain untuk membantu pengguna menemukan hal baru, khususnya hiburan. Sama seperti Explore, sebagian besar reels yang pengguna lihat berasal dari akun yang tidak mereka ikuti. Jadi, proses pemeringkatan Reels pun sangat mirip dengan Explore: Mencari sumber reels yang mungkin pengguna sukai, kemudian mengurutkannya berdasarkan seberapa menarik reels itu bagi mereka.
Untuk menemukan video portrait singkat yang menghibur, Instagram menyurvei orang-orang dan menanyakan apakah mereka menganggap reels tersebut layak. Aplikasi kemudian akan belajar dari umpan balik pengguna untuk menjadi lebih baik dalam menyarankan konten reels di masa depan.
Untuk menemukan video portrait singkat yang menghibur, Instagram menyurvei orang-orang dan menanyakan apakah mereka menganggap reels tersebut layak. Aplikasi kemudian akan belajar dari umpan balik pengguna untuk menjadi lebih baik dalam menyarankan konten reels di masa depan.
Prediksi terpenting yang Instagram buat juga berasal dari intensitas pengguna dalam membagikan reels, menonton hingga selesai, menyukainya, dan membuka halaman audio sebuah indikator proxy untuk menentukan apakah pengguna mungkin terinspirasi untuk membuat reels serupa atau tidak.
0 Komentar